Posted by : Unknown Monday 3 June 2013

Semua bentuk kehidupan membutuhkan energi, hal ini juga diterapkan di dalam perangkat komputer, baik itu komputer desktop maupun notebook/laptop. Kali ini saya akan membahas tentang sumber daya dari notebook/laptop yakni yang sering kita kenal dengan baterai. Lalu, ada apa dengan baterai laptop?
Baiklah, singkat saja. Kali ini saya akan membahas tentang sebuah permasalahan yang sering terjadi di lingkungan kita. Pernahkah anda berpikir seperti ini, ketika anda menggunakan laptop anda untuk pekerjaan yang memakan waktu yang lama, anda berpikir untuk melepaskan laptop anda untuk melindunginya dari kebocoran? Dan kemudian anda melepaskan baterai laptop anda karena alasan tersebut. Tidakkah anda berpikir bahwa tindakan anda tersebut adalah tindakan yang salah? Oleh karena itu, saya akan menjelaskan beberapa hal mengenai baterai laptop ini agar para pembaca mengerti dengan cara kerjanya, berikut adalah penjelasannya

Apakah anda tahu dengan teknologi ACPI Control Battery?? R
ata-rata laptop zaman sekarang menggunakan ini, fungsinya adalah mengontrol baterai, ketika baterai dalam keadaan belum full maka baterai akan diberikan power dari charger anda namun setelah baterai anda full maka ACPI Control Battery ini akan memindahkan source power dari charger laptop anda langsung ke motherboard atau dengan kata lain baterai akan berhenti mengisi daya namun tetap menjaga daya yang tersimpan di dalamnya, tentu teknologi ini sangat menakjubkan bukan? Nah, bagaimana anda mengetahui bahwa laptop anda memiliki Control Battery? Mudah sekali, bagi anda yang menggunakan OS windows xp/vista/7 bisa melihatnya di bagian device manager pada bagian Baterry, bila ada ACPI Control Battery maka laptop anda memiliki teknologi ini.

Bila laptop anda memiliki teknologi tersebut berarti laptop anda bersifat automatic dalam penggunaan baterainya. Efisien sekali bukan? Mungkin anda pernah mendengar opini seperti ini "Bila Notebook anda charge sewaktu baterai dalam keadaan FULL akan menyebabkan kebocoran pada baterai Notebook anda" Benarkah opini tersebut? Sekilas menurut logika anda mungkin sangat masuk akal alasan tersebut sehingga anda mengikutinya bukan tanpa anda mengetahui teknologi ACPI Control Battery ini. Mungkin bagi anda yang masih menggunakan metode tersebut saya akan menjelaskan beberapa efek samping yang dihasilkan dari melakukan charging laptop tanpa baterai, berikut adalah penjelasannya :


·                     Salah satu efek samping yang akan anda temukan bila anda menggunakan metode tersebut, bila anda menggunakan sumber energi langsung dari charge laptop langsung ke laptop anda, itu berarti listrik akan langsung menuju ke motherboard anda. Mungkin bagi beberapa orang yang sering menggunakan metode tersebut hal ini tidak berbahaya. Tapi tahukah anda dengan arus pendek yang kadang terjadi apabila terjadi gangguan pada sistem kelistrikan dirumah anda? arus pendek ini akan langsung menyerang motherboard anda tanpa melalui baterai. Sehingga apabila arus ini terus menerus masuk ke dalam motherboard anda, maka yang dapat saya simpulkan adalah, motherboard anda rusak atau dapat pula terbakar. Bukankah ini sangat fatal?
·                     Bila tiba-tiba listrik mati, maka laptop anda akan mati pula tanpa ada beberapa file yang harus anda simpan terlebih dahulu, walaupun ada beberapa aplikasi yang sudah dilengkapi dengan sistem recovery hal ini tetap saja membahayakan. Bagaimana bila anda menggunakan sebuah aplikasi yang tidak dilengkapi dengan sistem recovery? Tentu akan sangat merepotkan bukan? Selain itu harddisk anda yang sementara melakukan proses akan secara tiba-tiba terhenti. Hal ini akan memperpendek umur harddisk anda.
Ya seperti itulah bahaya yang menanti anda bila anda melakukan mencopot baterai anda dari laptop. Lalu bagaimana tips yang baik untuk mengatasi masalah ini? Berikut adalah tipsnya :

·                     Jangan melakukan CdC (Charge Discharge) yaitu melakukan proses pengisian baterai pada saat baterai laptop lemah dan menghentikan pengisian pada saat baterai full dan begitu seterusnya, hal ini dapat melemahkan baterai anda.
·                     Jangan melakukan kalibrasi pada baterai, dimana keadaan baterai akan dibuat kosong total. Hal ini akan membuat performa baterai menurun drastis dan beberapa efek lainnya.
·                     5 menit sebelum menyalakan laptop sebaiknya dicharge dan 5 menit setelah dimatikan baru lakukan discharge. Hal ini untuk menjaga stabilitas listrik ke laptop anda terjaga. setelah listrik stabil baru laptop anda dinyalakan dan setelah dimatikan tunggu hingga 5 menit baru charge dilepaskan. Hal ini dilakukan demi menjaga stabilitas listrik yang masuk.
·                     Sebaiknya tidak memberatkan kerja laptop bila anda tidak melakukan charge pada laptop anda, pada poin ini saya tidak terlalu merekomendasikan, karena menggunakan laptop anda adalah hak anda sendiri, apapun yang anda kerjakan di laptop anda itu adalah kebebasan anda. =)
·                     Pastikan suhu kamar anda saat memakai laptop tidak panas. Karena suhu panas adalah musuh besar baterai.

Semoga apa yang saya sampaikan pada para pembaca dapat diterima dengan baik dan bermanfaat. Terima kasih.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © ★ R I K A ★ - Hatsune Miku - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -